Kamis, 15 Maret 2012

Etika Profesi (1)

1.Jelaskan pengertian dan cakupan etika profesi!
2.Apa tujuan dari proses pembelajaran etika profesi keteknikan!
3.Apa yang dimaksud dengan kode etik?
4.Jelaskan kode etik Insinyur (keteknikan) menurut ABET !

Jawab:

1.Etika profesi banyak sekali memiliki arti diantaranya; etika dan teknik etika,
Dimana etika pun memiliki pengertian tersendiri yaitu
a.Studi karakterisktik moral. Maksudnya belajar mengendalikan kepribadian manusia dimana watak kesusilaan manusia harus lebih baik dilingkungan masyarakat ataupun dilingkungan industri.
b.Menentukan pilihan moral yang dibuat oleh orang-orang dimana akan menghubungkan dengan orang lain. Maksudnya menjaga moral atau kepribadian (watak kesusilaan) agar selalu baik karena dengan menjaga moral semua orang akan menjadi senang dengan kepribadian yang baik.

Sedangkan berdasarkan pengertian teknik etika yaitu
a.Filosofi yang menunjukkan cara-cara yang seseorang harus berperilaku kepada orang lain dengan professional. Maksud dilingkungan masyarakat yang berbeda-beda ini manusia prilaku orang dan presepsi selalu berbeda maka sebab itu harus memiliki prilaku yang baik agar menjadi hubungan dengan yang lainnya.
(http://faculty.uoh.edu.sa/m.aichouni/prep004/chap3Intro%20to%20Engineering%20Ethics.pdf)
Secara ringkas pengertian etika profesi adalah Apakah etika, dan apakah etika profesi itu ? Kata etik (atau etika) berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. (eprints.undip.ac.id/4907/1/Etika_Profesi.pdf)

2.Tujuan pembelajaran etika profesi dimana manusia harus menjaga karakteristik moral atau watak kesusilaan di lingkungan sekitar, baik lingkungan dunia kerja dengan mempertimbangkan suatu tindakan yang dilakukan oleh manusia tersebut maka akan mendapatkan pandangan yang baik dari manusia yang ada di sekitarnya atau masyarakat. Dimana menjaga karakteristik moral atau watak tersebut seperti bersikap jujur, disiplin dan lain-lain.

3.Kode etik ; yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja. (eprints.undip.ac.id/4907/1/Etika_Profesi.pdf)

4.Kode etik insinyur menurut ABET terdiri atas 2 bagian diantaranya;
Atas Dasar Prinsip
Dalam kode etik dasar prinsip yang telah ditentukan oleh ABET ini terdiri 4 yaitu;
1. Selalu menggunakan pikiran dengan pengetahuan intelektual dan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan manusianya;
2. Bersikap jujur dan adil, dan melayani dengan kesetiaan masyarakat, pengusaha dan klien;
3. Berusaha untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi dari profesi teknik, dan;
4. Selalu mendukung masyarakat agar profesional dan teknis dalam peningkatan ilmu disiplin mereka.

Atas Dasar Kanon
Dalam kode etik dasar kanon yang telah ditentukan oleh ABET ini terdiri 4 yaitu
1. Seorang Insinyur selalu mementingkan K3 (keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan) masyarakat dalam pelaksaan tugas professional mereka.
2. Insinyur harus melakukan hanya layanan di bidang kompetensi mereka.
3. Seorang Insinyur berpikir dengan cara yang obyektif dan benar.
4. Insinyur harus bertindak adil dan hal-hal profesional dalam suatu keputusan untuk setiap pemberi kerja atau klien sebagai agen yang setia atau wali, dan akan menghindari konflik kepentingan.
5. Seorang Insinyur harus memiliki hal-hal yang profesional dimana untuk memberikan pelayanan kepada mereka sebagai konsumen dan akan bersaing secara tidak adil dengan pesaing tersebut.
6. Insinyur pun memiliki ketegasan dan menjaga serta meningkatkan kehormatan, integritas dan martabat profesi yang dijalaninya.
7. Insinyur yang profesional selalu mengembangkan atau berusaha dengan baik demi karier yang dimilikinya dan menerima pendapat dari insinyur lain.
(http://wadsworth.com/philosophy_d/templates/student_resources/0534605796_harris/cases/Codes/abet.htm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar