Jumat, 16 Maret 2012

Arti Sistem di Lingkungan Industri Secara Umum

Dalam suatu lingkungan industri pasti mengenal istilah kata sistem. Kata sistem tersebut dimana sangat erat di lingkungan industri seperti sistem informasi, sistem distribusi, sistem produksi dan lain-lain. Oleh sebab itu istilah sistem tersebut tidak akan bisa dihapus dari lingkungan industry. Sistem tersebut berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi (http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem). Atau sistem tersebut memiliki arti yaitu kumpulan entitas yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan tertentu.

Di arti sistem tersebut terdapat 3 unsur kata seperti entitas, interaksi dan tujuan. Arti entitas tersebut dapat disebut dengan komponen, elemen, unsur, organ, bagian dan lain-lain. Arti interaksi ini sendiri merupakan hubungan antar entitas, dimana interaksi bisa dikatakan hubungan, keterkaitan dan lain-lain. Sedangkan tujuan tersebut ialah sasaran, maksud, hasil akhir dan lain-lain. Maka dapat dipahami bahwa sistem tersebut merupakan suatu unsur yang saling berinteraksi dimana mempunya tujuan yang menjadi penentu dalam suatu sistem tersebut.

Sistem yang di terapkan dalam lingkungan industri pun akan mengalami masalah. Oleh sebab itu pasti pernah mengenal istilah sistemmik atau sistematis. Kedua kata tersebut merupakan arti yang sangat penting untuk dipahami setelah memahami arti dari sistem. Arti dari sistemmik merupakan suatu permasalahan yang terjadi pada pemahaman sistem. Sedangkan sistematis merupakan permasalahan sistem yang harus di selesaikan dengan pendekatan sistem. Pendekatan sistem tersebut dapat dipahami setelah memahami sistem yang telah diterapkan. Oleh sebab itu tidak semua permasalahan sistem yang didapat tersebut tidak selalu dari entitas atau pun tujuan maka pahami pula sistem yang telah diterapkan tersebut.

1 komentar: