Minggu, 11 November 2012

SEKELAS PANDANG TENTANG BAND PLANTINOEM


Band plantinoem merupakan band yang terbentuk dari 5 mahasiswa yang berprestasi dibidang akademik di salah satu universitas swasta. Anggota platinoem terdiri atas, Sam (vocal), Donny (drum), Mocek (gitar), Angga (gitar), dan Candra (bass). Band plantinoem mengusung aliran musik pop progresif, agak sedikit berubah menjadi rock progresif. Berdasarkan analisa yang saya lakukan dari kegiatan sampai dengan perubahan kerja sama dari mas ikang fauzi dan sekarang bekerja sama dengan mas yovie widianto. Band mereka mungkin tidak terlalu mengelegar atau sukses sekali dengan band lain yang awal album mencapai titik kesuksesan. Band mereka juga memiliki 2 album dan 4 videoklip, namun yang saya ketahui saja hanya videoklip bukan untukku dan biarkanlah. Maka ada beberapa alasan menurut saya yang menyebabkan band ini kurang mencapai titik sukses.
1. Mereka harus menciptakan lagu yang tak hanya enak didengar, tetapi lirik mudah dihafal, dan aransemen lagu yang bagus. Sehingga masyarakat juga dengan mudah menerima musik mereka.
2. Ketika saya melihat 2 videoklip, yaitu bukan untukku dan biarkanlah merupakan aransemen yang cukup baik. Namun dalam video klip tersebut seharusnya yang menjadi peran utama dalam videoklip adalah sang vocal sehingga sang vocal dapat berekspresi sebagaimana yang dijelakan dalam lagu tersebut.
3. Dan ketika saya searching kembali di youtube dalam setiap aksi manggung mereka secara live di suatu stasiun tv, terutama sang vokalis tidak menunjukan keahlian menyanyinya langsung, maka dari itu sang vokalis ini harus mampu memperbaiki vokal-vokal atau berlatih vocal sehingga pada saat melakukan aksi panggung secara live suara dapat menyampaikan ekspresi dari sebuah lagu yang dinyanyikan.
4. Walaupun mereka telah mempunyai 4 videoklip, semua videoklip yang mereka buat antara konsep videoklip tidak sesuai dengan lirik lagu. Sehingga pesan yang ingin disampaikan lewat lagu tersebut tidak sampai ke pendengar.
5. Dalam aksi live atau pun video klip tersebut sebaiknya membuat perilaku ketika manggung baik dari pakaian atau pun lainnya sehingga seluruh personil dapat menjadi trendsetter.
6. Band ini pun masih perlu mendapatkan pengalaman lebih dan pembelajaran dari band-band yang terkenal atau aksis lainnya untuk mendapatkan kesuksesan yang ingin dicapai  
Mohon maaf jika ada salah-salah kata atau pun telah menyinggung pihak-pihak tertentu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar